Jumat, 15 Februari 2013

Format Flashdisk


Format Flashdisk Melalui Windows Explorer dan CMD (Command Prompt)
            Aku pengen bagi-bagi info nih seputar komputer yah. Kalian pasti punya flashdisk dong tentunya mulai dari yang ukuran 512MB, 2GB, 4GB sampai ukuran 16GB,dari merk Kingston, V-Gen, Thosiba, dan lain-lain. Biasanya sih kalau masang flashdisk dan komputernya jadi lemot, gak bisa kebaca atau bermunculan shortcut-shortcut gitu berarti entu flashdisk minta dibersihin, dicuci, dimandiin atau bahasa komputernya minta di “format”. Format disini adalah membersihkan seluruh isi data yang ada pada flashdisk dengan bersih tanpa menggunakan perintah delete(hapus). Kalian yang mau memformat flashdisk kalian perlu hati-hati nih pertimbangin dulu apa bener-bener seluruh data kalian mau di bersihin?? Mendingan biar aman data yang penting kalian pindah dulu yha ke drive lain, misalnya ke D:\ gitu.
            Nah, kalau format dengan cara umumnya sih melalui Windows Explorer ini nih caranya..
1.      Tancapkan flashdisk kamu ke port USB yang tersedia pada komputer/laptop kalian masing-masing.
2.      Tunggu intallasi/pengenalan hardware  flashdisk dengan komputer. Biasanya kalau udah ke detect  akan ada scan otomatis dari antivirus atau pemberitahuan bahwa device/ perangkat siap digunakan (berarti antara flashdisk sama komputer udah saling kenal nih).
3.      Masuk ke windows explorer/ my computer.
4.      Terus klik kanan pada flashdisk kalian, kemudian pilih format.


Ini nih tampilan setelah klik kanan-format. Sebelum memformat lihat dulu settingannya, kalau kalian pengen prosesnya cepet yha tinggal tandai di checklist Quick Format  nya, setelah itu klik Start untuk memulai pemformatan flashdisk teman-teman.
5.      Kalau udah selesai memformat, biasanya akan ada pemberitahuan bahwa format telah selesai. Kalau masih gak percaya cek lagi deh..di dalam flashdisk masih ada atau gak. Kalau masih gak percaya juga klik kanan pada drive flashdisk kalian kemudian pilih Properties yang akan menunjukan Used Space dan Free Space  flashdisk kalian.

Sekarang kita cuss ke format melalui CMD(Command Prompt) yak..
1.      Caranya sama sih, tancepin flashdisk tunggu bentar sampe ke detect  oleh komputer.
2.      Kalau udah ke detect, sekarang kita ke run dulu. Caranya klik tombol Windows (defaultnya sih ada di samping kiri bawah,kalo windows xp ada tulisan “Start”, kalo windows se7en ada lingkaran warna biru).
3.      Ada dua versi juga nih, cara masuk ke run.
-          Windows xp : klik menu “Start” cari menu RUN biasanya udah tertampil kok. Kemudian pada kotak isian tuliskan cmd, ok.
-          Windows se7en : klik menu “Start” pada  kotak “search programs anf files”, tuliskan cmd, kemudian enter.
4.      Udah pada masuk kan di CMD(command prompt), tampilannya jadul dan item lagi hehe. Sekarang kalian lihat dulu drive flashdisk kalian ada di D:\ E:\ F:\ atau G:\ . Misalnya ada di G:\ , pada command prompt kita tuliskan perintah format G: kemudian enter. Laluu ikuti deh langkah-langkahnya sampe proses selesai. Ini nih gambarnya


Mudah kaan.. selamat mencoba yak..

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar